Tuesday, January 20, 2009

Entrecard: Community can be this fun

Saya baru beberapa hari saja mengenal mahluk bernama Entrecard ini. Dan kenyataannya, kegiatan ber-Entrecard-ria ini cukup menyita perhatian saya.

Entrecard adalah semacam komunitas dimana kita bisa memasukkan identitas blog kita, dan membuat sebuah kartu identitas blog - semacam business card gitu deh.

Kemudian, seperti biasa, meletakkan sebuah kode di blog kita untuk meletakkan kartu tsb. Yang kemudian harus dilakukan adalah bertukar2 kartu dengan member lain, dengan cara mengunjungi blog mereka dan meng-klik "Drop". Dengan begitu Entrecard kita akan muncul di inbox mereka, dan - seperti layaknya etika umum dalam komunitas - mereka akan berkunjung balik dan menge-"drop" kartu mereka. Bisa dibayangkan, jumlah pengunjung organik blog kita pun meningkat pesat.

Tapi, ga cuma itu aja. Kita baru akan sampai pada hal yg menarik. Setiap kali kita menge-drop atau menerima kartu, kita akan mendapat poin yg disebut ec. ec menjadi semacam nilai tukar yg bisa kita belanjakan untuk beriklan di blog lain. (^o^)

Klo kita membeli spot beriklan di suatu blog, Entrecard kita akan muncul di blog tersebut selama 1 hari. Harganya bervariasi, tergantung berapa banyak antrian iklan yg dimiliki blog tempat kita akan beriklan tersebut. Semakin banyak yg membeli spot iklan suatu blog, maka harga spot di sana akan semakin mahal.

Begitulah kira2.

Saya excited bgt sama Entrecard ini karena idenya benar2 unik. Kita mesti membuat Entrecard yg cukup menarik untuk membuat orang berkunjung. Kemudian harus pandai2 mencari blog yg kira2 akan memberi kita pengunjung dari beriklan di sana. Jg ga sembarangan nerima blog yg mo beriklan di blog kita... klo saya sih alasannya visual aja, klo Entrecard-nya ga menunjang penampilan blog, biasanya ga lsg sy terima hehe...

Sayangnya, mereka menetapkan regulasi bahwa yg berhak menjadi anggota hanyalah blog berbahasa Inggris. Makanya, saya cuma punya satu Entrecard, untuk Project i-LaMB saya saja... hiks (>_<) Bete jg c...

Aktifitas dengan Entrecard awalnya cukup menyita waktu, agak2 merusak ritme online saya. Tapi setelah dua hari, saya sudah terbiasa dan bisa mengatur. Buat teman2 yg punya Entrecard di blognya, klo ngeliat Entrecard seperti di bawah ini, mampir ya... n klo mo beli spot iklan (harga per hari ini 128ec/hari saja) monggo... ditunggu (^_^)

Entrecard, U Drop I Drop

Happy dropping (^_~)

5 comments:

  1. Sebenernya gue pernah jadi anggota entrecard. Idenya memang bagus. Terus abis itu gue bete gara-gara gue dapet email dari mereka kalau gue dikeluarkan dari anggota karena blog gue ngga menggunakan bahasa inggris. Mencak-mencak deh gue di email.

    Abis itu kayaknya gue dipasang lagi jadi anggota. Tapi gue keburu ilfil..hehehe...

    saran: kalo datengin blog orang lewat ecard, better if you really read the blog dan jangan cuma klik ecard. Pasti mereka seneng dan lebih appreciate.

    salam kenal =) thanks udah mampir ke blog gue

    ReplyDelete
  2. yaah kan emang dr awal mereka bilang ga boleh blog berbahasa non inggris :P
    gw jg bete kenapa kebijakannya gitu ;)
    pdhl blog berbahasa inggris-nya jg banyak yg blog2an...

    gw sih tmasuk yg santai ma entrecard, bkn yg maniak nge-drop :P

    ReplyDelete
  3. Perlu dipikirkan nih.. cuman ntu tuh bahasanya.. harus english ya

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails