Sunday, August 12, 2012

Rambut Rontok: Apa Penyebabnya? (3)

Hari ke-11, hari ganjil itu waktunya cuci rambut. Indikator utama untuk mengukur kesuksesan Dove Hair Fall Treatment bagi saya adalah berapa lama sampai saluran air kamar mandi tersumbat? :p Biasanya 2-3 kali keramas udah mampet. Tapi sampai hari ke-11 ini belum looh *dipeluk suami.

*

Nah, hari ini sampai kita ke factor ke-3 penyebab kerontokan rambut; mechanical damage.

Ini biasanya terjadi akibat penataan/treatment rambut yang berlebihan, seperti mengikat terlalu kuat, pelurusan/keriting/warna dll yang terlalu sering. Mengikat rambut terlalu kencang membuat rambut susah bernapas hingga rambut menjadi rapuh dan berujung pada kerontokan.

Contoh lain mechanical damage adalah mengeringkan rambut dengan cara menggosok rambut dengan handuk, yang juga dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok.

Kebiasaan menarik-narik atau mencabut rambut juga bisa memicu kerontokan rambut. Sejenis kebiasaan yang umumnya dilakukan usia anak-anak hingga remaja.


Kebiasaan ini bersifat psikologis. saya pernah juga mengalami ini di sekitar usia SD-SMP. Engga tahu kenapa gitu, suka aja nyabutin rambut >,< Tapi kebiasaan ini umumnya hilang seiring bertambah usia, dan benar saja begitu agak besar saya ga hobi lagi nyabut rambut. Kalau terus berlanjut syereem yaa.

Dari berbagai sumber
Gambar: gettyimages

No comments:

Post a Comment

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails