Saturday, August 11, 2012

Sahur Semalam

Puasa sudah masuk sepuluh hari terakhir nih. Semangat dong?

Puasa itu bagi saya lumayan menantang fisik. Bagaimana caranya biar kuat, ga cepet pusing dan lunglai di siang hari ketika berpuasa itu salah satu tantangan besar buat saya.

Karenanya sahur sehat itu penting. Berhubung sahur itu makan yang pagi banget, ga sembarang makanan bisa napsuin buat dimakan di waktu sahur, ya ga sih? Makan sahur juga harus simpel, ga perlu terlalu banyak variasi tapi padat bergizi.

Menu santap sahur ala saya memang yang secara rasa dan tekstur lebih ringan. Saya pernah makan sahur yang serba berat, berlemak dan bersantan, malah ga nafsu samsek!

Sahur sehari-hari saya biasanya sih kaya gini;

 

- Nasi merah
Ya ga wajib nasi merah sih, ini karena sudah terbiasa aja sehari-hari makan nasi merah :D

- Lauk yang simpel, dan hangat
Bisa berupa ayam, bakwan, tahu, atau tempe goreng… yang penting tinggal goreng, gurih, dan hangat, sip deh! Tambahin kerupuk juga biar makin gurih :D

- Sayur atau buah
Salah satunya harus ada, untuk asupan serat. Karena serat konon lebih lama bisa menahan lapar. Kalau semalam kebetulan adanya sayur. Sayur lebih repot untuk disiapkan, maka biasanya sayur yang disajikan saat sahur adalah sayur sisa makan malam yang dihangatkan aja.

- Susu
Susu jadi tambahan yang perlu. Energi tambahan dari susu lumayan berarti loh. Kalau saya suka Bear Brand putih karena rasanya lebih ringan dan gurih ketimbang susu siap minum lainnya, cocok untuk santap sahur. Seperti yang saya bilang, kalau sahur ogah yang serba kental dan ‘berat’. Ya si Bear Brand inilah pilihannya, susu murni yang steril, tanpa bahan pengawet dan bebas gula tambahan.
Tadinya saya ga pake minum susu saat sahur, ternyata emang terasa bedanya antara sahur tanpa susu sama sahur ditambah satu kaleng Bear Brand. Lebih tahan aja, ga cepet lemes. Satu kaleng saat sahur cukup untuk tambahan energi di sepanjang siangnya.

Sederhana banget ya. Yang penting sedap saat dilahap dan mencukupi untuk energi seharian penuh berpuasa.

Gimana menu sahur kamu?

2 comments:

  1. sehat banget itu makananya kk,itu nasi merah beli di mana sih ya??penasaran sama rasanya lho

    ReplyDelete
  2. Nasi merah biasanya untuk orang asam urat ya bu?

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails