Sunday, October 21, 2012

Solusi Cerdas Untuk Ruang Terbatas

Ketika kita tinggal di kota besar seperti Jakarta, di mana lahan tak lagi banyak tersedia dan mahal, maka ukuran rumah pun semakin menciut saja. Akan tetapi impian untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman tidak perlu diwujudkan dengan cara memiliki rumah yang besar. Rumah mungil juga bisa kok menjadi hunian yang menyenangkan.

Untuk membantu mewujudkan rumah mungil idaman itulah Sabtu 29 September lalu Warna Impian mengadakan Meet and Greet with Warna Impian Expert Corner di Hongkong Café Jakarta. Acara dengan tema Smart Solutions for Small Spaces itu menghadirkan para expert yang selain memberi masukan tentang rumah kecil yang nyaman sekaligus juga bisa kita hujani dengan pertanyaan-pertanyaan seputar hunian :D Waah ga boleh dilewatkan nih.

Pembicara pertama adalah Ary Indra, seorang arsitek. Ary mengungkapkan, rumah itu haruslah menjadi “home”, bukan sekedar “house”. Agar rumah dapat menjadi “home”, rumah harus serba pas; pas lokasinya, pas ukurannya, pas di hati penghuninya, dan PAS – Praktis, Adaptif, dan Sehat.


Bagaimana mewujudkan rumah mungil yang PAS? Ary Indra memberikan tipsnya, antara lain;
- Gunakan perabot yang multifungsi.
- Manfaatkan ruang kosong.
Misalnya bawah tangga dapat dipakai sebagai tempat penyimpanan. Plafon juga bisa dimanfaatkan sebagai gudang.
- Minimalkan dinding.
Rumah dengan ukuran terbatas sebaiknya meminimalisir jumlah dinding. Gunakan partisi yang mudah disingkirkan saat kita membutuhkan ruang lebih luas.
- Bermain dengan warna.
Siapa bilang warna serba putih membuat rumah kelihatan lebih luas? Menurut mas Ary, dengan rumah mungil kita justru harus lebih berani bermain warna untuk menciptakan dimensi.

Warna untuk menambah dimensi rumah mungil

- Gunakan material yang berbeda-beda untuk memberi tekstur.
Tembok yang serba halus atau perabot yang seragam membuat rumah terasa datar. Tembok bata, kursi anyam atau lantai berbatu, misalnya, dapat memberi variasi bagi indera kita.

Bermain tekstur dengan tembok bata dan lantai kerikil
Sumber gambar: http://archnewhome.com

- Rumah butuh sinar matahari dan udara.
Rumah yang sehat memerlukan sinar matahari dan aliran udara yang lancar. Ciptakan bukaan yang cukup bagi cahaya matahari dan udara untuk masuk. Arah hadap terbaik untuk sebuah rumah adalah utara atau selatan, karena dengan begitu rumah akan mendapatkan cahaya matahari sepanjang hari.
- Gunakan selalu material maupun cat dinding yang aman bagi kesehatan.
Kualitas cat mempengaruhi kesehatan rumah, selain ditinjau dari segi ingredient-nya yang aman, cat yang kurang baik kualitasnya bisa bikin dinding cepat berjamur.
Jamur seperti ini bisa dihindari dengan cat anti mold yang berkualitas

Kalau di sesi awal tips rumah mungil impian dari sudut pandang seorang perancang, selanjutnya untuk melengkapi penciptaan rumah, Warna Impian juga mengundang Bunda Fira dan Oom Lurry – praktisi fengshui. Wah ini sesi yang ga kalah serunya. Di sini Bunda Fira memberikan banyak informasi tentang rumah yang baik menurut fengshui.


Berikut tips Bunda Fira untuk menjaga aliran energi di dalam rumah;
- Pintu utama hendaknya memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran rumah; tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Pintu utama juga jangan terhalang batang pohon besar yang akan memecah energi.
- Dapur memiliki peran penting dalam konsep fengshui. Dapur berkaitan erat dengan pemasukan/keuangan penghuninya. Kompor harus menempel pada dinding, jangan “menggantung” di tengah dapur, agar api – sebagai simbol penghasilan – juga lebih stabil.
- Arah hadap rumah juga penting. Sejalan dengan yang dikatakan mas Ary, Bunda Fira juga menyarankan arah hadap utara atau selatan.
- Posisi tempat tidur juga harus diperhatikan. Di gambar berikut ditampilkan beberapa posisi tempat tidur yang baik dan buruk. Posisi yang buruk antara lain; langsung menghadap pintu, langsung di samping pintu, tepat di bawah jendela, dll.


Posisi tempat tidur; yang buruk dan yang baik

- Ruang keluarga harus dimiliki oleh sebuah rumah.
Menurut Bunda Fira, kalau space-nya kecil, gabungkan saja ruang makan dengan ruang keluarga. Kursi di ruang keluarga sebaiknya disusun dengan bentuk U-shape untuk harmonisasi antar penghuni.
- Demi memaksimalkan ruang, menggunakan area bawah tangga juga baik.
Namun hanya untuk benda-benda yang “tidak aktif”; misalnya sebagai gudang, penyimpanan sepatu, sapu, dll.
Tidak boleh menggunakan ruang bawah tangga untuk hal-hal yang aktif misalnya; dijadikan ruang belajar, ruang kerja, rak buku, dan semacamnya. Hmm… bener juga ya, kalau kita belajar atau kerja di bawah tangga puyeng dong sebentar-sebentar ada yang brak-bruk-brak-bruk jalan di tangga >.<
- Memanfaatkan plafon sebagai ruang penyimpanan boleh, tapi tidak boleh di area aktif seperti kamar tidur, dapur, kamar anak maupun ruang keluarga. Sebaiknya gunakan plafon di atas garasi, karena garasi bukan ruang utama tidak apa-apa jika plafonnya dibebani gudang.

Bingung karena banyak aturan dalam fengshui? Menurut Bunda Fira, fengshui itu mudah; kalau terasa tidak nyaman pasti ada yang salah. Misalnya, dalam fengshui kepala tempat tidur di tidak boleh berada di bawah jendela, karena kepala kita akan terekspos angin dan menyebabkan sakit kepala. Kamar mandi di dalam ruang tidur juga dapat membuat rasa kurang nyaman karena bebauan dan lembab, makanya hal inipun tidak disarankan menurut fengshui. Intinya, ketika aliran energi tidak lancar penghuni rumah juga akan merasakannya sendiri.

Yang paling utama sih kata Bunda Fira, rumah yang baik harus bersih – bebas debu dan bebas timbunan barang! Waduh, ini dia nih *lirik timbunan buku >.<

Tujuan utamanya adalah menciptakan rumah yang memberi 9 manfaat utama ini

Wah banyak banget informasi yang diberikan mas Ary dan Bunda Fira hari itu. Sayang acaranya ga seharian yaaa *maunya XD*

Acara Meet and Greet with Warna Impian Expert Corner ini event rutin tahunan, dan rencananya akan ada juga di kota-kota lain selain Jakarta. Yaay!

Biar ga ketinggalan info soal event ini, maupun tips dan trik seputar rumah, sering-sering mampir di warnaimpian.com atau follow @warnapedia.

1 comment:

  1. wah asik dapat tambahan ilmu tentang arsitektur dan fungsi sosialnya...

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails