Friday, July 24, 2009

Online Pertamaku Itu...

Akhir2 ini saya lagi agak melow-melow drama gitu. Dengerinnya lagu-lagu lawas. Baca-baca manga lama, meskipun cuma hasil donlotan, maklum, manga lama gitu sekarang juga udah ga dijual sementara koleksi saya udah lenyap ditenggelamkan banjir... Bagusnya ada yang baek mo uplotin (^^);; Untung deh, sekarang segala sesuatu bisa dengan mudah kita cari secara online.

Mau ga mau jadi keinget waktu pertama kali saya kenalan n ngalamin yg namanya jatuh cinta pada pandangan pertama sama mahluk bernama internet ini.

Kejadiannya waktu saya masih kuliah di sebuah perguruan tinggi di Bandung. Kapan ya itu... kira-kira 10, 11 atau 12 tahunan yang lalu gitu deh.

Meskipun waktu tepatnya udah ga begitu inget lagi, tapi saya inget banget perasaan saya waktu pertama kali memasukkan sebuah kata di search engine, dan meskipun makan waktu n musti muter2 tersesat dulu, bisa nemuin yg dicari... wuihh "internet itu tnyata perpustakaan segala ada" begitu pikir saya hehe. Dan saya juga masih inget banget kata pertama yg saya masukkan ke search engine; Saint Seiya... ahahaha... (^^);; Betapa hebohnya saya begitu nemu gambar-gambar Seiya dkk di internet. Segala sesuatu tentang anime masih sulit didapat pada waktu itu, jadi ketika saya tau ada sumber untuk hobi saya, ga perlu ditanya lagi, langsung aja saya katakan cinta pada internet.


Saint Seiya
Saint Seiya
- kata yang saya masukkan saat pertama kalinya memanfaatkan search engine -

Dan perkara akses, ga gampang loh. Kalo sekarang saya bisa online berjam-jam dengan santainya, dulu mah boro-boro! Internet untuk umum cuma ada di sebiji komputer di ruang administrasi jurusan, dan komputer-komputer di beberapa laboratorium - yg aksesnya tentu aja terbatas untuk para asisten lab.

Satu-satunya cara untuk bisa berinternet ria adalah yaa dengan mengantri di komputer jurusan (dan begitu dapet giliran musti tebel muka lama-lama di situ kan rugi dah ngantri lama trus cepet-cepet pergi hihi) atau nunggu sampe aktifitas lab/perkuliahan selesai untuk bisa minjem kompie lab. Soal antri-mengantri ini lumayan bikin mesem-mesem kalo inget. Dulu rasanya saya termasuk yang langsung jadi anggota internet freak deh, termasuk yang paling sering nongkrongin kompie jurusan. Tapi ternyata ada tuw satu orang temen sekelas saya yang sama freak-nya. Paling bete kalo sampe keduluan dia coz dia betah banget di situ! Kalo udah ada dia, berarti punah sudah harapan saya untuk berinternet di hari itu (^^); Kalo udah ga nahan lagi, saya bisa nginep di lab demi online yang tertunda siang harinya (^^)

Waktu itu, kecepatan akses pun ga seperti sekarang. Yang sekarang udah kita anggap lemot aja masih lebih cepet ketimbang dulu. Pilihan browserpun cuma yg tersedia di kompie - lah bukan punyanya sendiri gitu. Klo ga salah inget browser yang terinstal di kompie umumnya Netscape dan IE. Aktifitas online saya waktu itu cuma email sama browsing (btw, alamat email yang saya buat waktu itu masih saya pake sampe sekarang looh... hoho).

Waktu itu saya lom bisa bikin situs atau blog, baru beberapa tahun kemudian sy bikin unofficial fansite buat sebuah band favorit yg kemudian diikuti dgn blog-blog-an ala saya di http://hibiworks.tripod.com (^^). Temen-temen pada suka chatting pake mIRC, tapi saya ga pernah menyukai chatting bahkan sampai sekarang (meskipun pernah juga, tapi bukan aktifitas utama). Trus fasilitas search engine-nya paling-paling Yahoo atau Altavista. Dik Google lom lahir waktu itu - sy panggil dik coz mudaan die siy hehe. Makanya saya ngerasain banget bedanya Google (atau mungkin semua search engine jaman sekarang) dengan search engine di masa itu. Dulu, dikarenakan sistem direktorinya, kalo mo nyari sesuatu nih ya, bisa-bisa kita udah lupa duluan sama apa yg dicari sebelum ketemu saking tersesatnya... (^^)p Trus kalo kita nemu sebuah situs, ga bisa terlalu berharap bakal dapet tampilan yang aduhai. Kebanyakan situs - mungkin terutamanya situs pribadi - masih diolah dengan Notepad atau Word aja, simpel banget, paling-paling satu kolom align center (^^)

Tapi semuanya berawal dari kesederhanaan. Hingga berkembang sampai ke titik yang kita nikmati sekarang ini. Menurut saya, konsep dasar internet adalah "berbagi" dan "terhubung". Sejak pertama kali online saya ngerasa (sori ya, bawa-bawa perasaan hehe) bahwa spirit inilah yang memungkinkan internet menjadi sumber tak terbatas bagi hampir segala hal. Kita ga akan menemukan apapun di internet kalo ga ada orang yang mau membagi dan menyebarkannya. Dan uniknya, "berbagi" dan "terhubung" sebenarnya adalah naluri manusia. Karenanya tak heran, apapun produk online yg lahir dengan mengusung kemudahan 2 konsep tersebut pasti diminati dan laku keras - termasuk tentunya lahirnya berbagai platform blog dan jejaring sosial atau bahkan game online.

Seperti sekarang ini, saya berbagi kisah bulan madu saya dengan internet ihihi... Ah... lagu Pegasus Fantasy pun menyempurnakan nostal-nggilani saya...

Happy online (^_~)

6 comments:

  1. hihihihi... ternyata teteh kenal internet juga di bandung yah...

    iya teh, sekarang mau browsing udah gampang yah :D

    Happy wedding anniversary :)

    ReplyDelete
  2. Hm, aku belum selama itu kenal internet. Mungkin waktu teteh jatuh cinta sama internet aku masih ingusan, hehe.

    internet is great friend!

    ReplyDelete
  3. hm... aku jg jd inget pertama kali bisa akses internet tanpa hrs pergi k warnet, y pertama dicari adalah donlot komik gratis hihihi.... tp ada 1 yang blm aku dpt yaitu candy-candy... ada y punya info dimanakah sang candy2 berada??? oh iya thanx ya mo mampir ke t4 curhatku y msh cupu itu hehe....

    ReplyDelete
  4. Heuheu jadi inget waktu kuliah juga.... jadi asisten lab hanya karena pengen akses gratis internet di lab. Jam 7 malem ke lab, anak-anak IF dah pada bejibun didepan pintu...

    ReplyDelete
  5. des... temen yang lu maksud itu bukan gue kaaan... gue kan yang selalu nemenin lu nginep di lab... ahahahahaha miss the time allready -ian-

    ReplyDelete
  6. aku juga kenal internet waktu kuliah 8 thun lalu,pertamanya buat nyari tugas kuliah trus bikin email yang dikirim cuma keteman2 yang itu-itu juga yg ketemunya tiap hari di kampus, hehehe..dasar....:D

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails