Sunday, February 20, 2011

Hijaukan Lemari

Paling malu deh klo ngomongin go-green.. masalahnya.. biarpun selalu sok-sok menganggap diri sendiri peduli lingkungan, tapi perilaku sehari-hari sering kurang hijau. Padahal setelah dipikir-pikir, ikut andil dalam go-green itu ga terlalu susah. Kaya' misalnya memanfaatkan kertas bekas untuk nge-print atau mencabut semua colokan listrik kalo ga dipake, udah termasuk menyumbang tenaga dan kepedulian terhadap lingkungan, dan yakin deh, pasti semua udah pada mempraktekkan ini.

Tapii.. saya ingin menghijaukan sebuah benda di dalam rumah saya, yang isinya sangat bertentangan dengan konsep go-green; yaitu lemari pakaian!

Iya, tanpa sadar lemari saya dipenuhi bertumpuk-tumpuk pakaian yang klo dilihat-lihat banyak sekali yang udah jarang sekali dipakai; entah karena kekecilan, atau modelnya udah ga sesuai umur (:p), atau sekedar karena bosan. Isi lemari itu, yang menumpuk tak terpakai itu, kan jadi "sampah" di rumah. Ga berguna, kalo terus-terusan dibiarin lama-lama bener-bener ga bisa dipakai dan akhirnya akan terbuang percuma.


Ada yang ngalamin kaya gini juga ga? *nyari temen :p Nah klo ada yang senasib sama saya, kenapa engga kita sama-sama memulai proyek Hijaukan Lemari. Bukan mengecat lemari jadi hijau (ya itu bagus juga sih :p), tapi memanfaatkan lagi isi lemari supaya kita ga nambah-nambahin sampah rumah tangga.

Dan ternyata, kegiatan ini menyenangkan juga. Biarpun saya baru mulai, tapi rasanya asyik. Pertama-tama kita harus pisahkan pakaian mana saja yang masih senang dipakai, dan mana yang tidak. Di fase ini, saya dapati ternyata semua pakaian itu - baik yang saya udah ga suka, maupun masih sering saya pakai - semuanya masih layak pakai, bahkan banyak yang masih bagus banget seperti baru.

Dari yang sudah ga pernah dipakai, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan:

1. Jual
Grade A, yaitu beberapa pakaian dengan merk tertentu, yang masih terbilang baru, kadang-kadang cuma sekali pakai, dengan kondisi yang masih sangat bagus, bisa dijual dengan harga cukup tinggi. Pastinya jauh lebih murah dari harga baru, tapi masih cukup bernilai. Yang ini udah mulai saya jalankan, loh :D
Grade B, yaitu veberapa yang masih sangat layak pakai tapi yah katakanlah udah ga sebagus Grade A, baik dari segi merk, model, dan kondisi.. bisalaah kita jual murah di pasar-pasar.
Entah itu Grade A atau B, kalau dijual dua-duanya menghasilkan uang. Lumayan kaan, selain pakaian-pakaian itu bisa digunakan kembali, juga menambah isi celengan.

2. Sumbangkan
Bisa juga dari beberapa pakaian baik yang bagus maupun agak bagus, kita sumbangkan saja. Yang masih bagus bisa diberikan ke saudara atau orang terdekat yang membutuhkan misalnya asisten rumah tangga kita, yang Grade B bisa didonasikan ke yang memerlukan. Lagi-lagi, isi lemari kita bisa berguna bagi orang lain, ga menghasilkan uang, tapi jangan khawatir, pembayarannya bakal ditransfer langsung ke rekening kita di surga amiiin.. ;)

3. "Recycle"
Yah ini sebenernya bukan benar-benar recycle, karena proses recycle menurut definisi harus melalui suatu tahap pemrosesan tertentu seperti misalnya kertas yang dijadikan bubur kertas untuk dibuat kertas daur ulang. Dalam rangka menghijaukan lemari, recycle di sini maksudnya mengubah bentuknya menjadi sesuatu yang baru yang lebih berguna.

Desainer Gary Harvey pernah menyajikan konsep serupa dalam salah satu peragaan buasananya.
Desain Gary Harvey, sumber: inventorspot.com

Konsep "daur-ulang" juga pernah diusung Up2Date dalam gelaran Jakarta Fashion Week November lalu.
Desain Up2Date, memanfaatkan jeans bekas sebagai detil busana
Inilah yang menarik. Kemungkinannya tanpa batas! Dari beberapa jaket tua berubah menjadi gaun yang layak dipamerkan di runway, dari jeans yang sudah terabaikan menjadi detil cantik dalam abaya, dari couture hingga ready-to-wear, dari yang rumit hingga sangat sederhana.

Kita juga bisa mendaur-ulang isi lemari menjadi barang baru yang siap pakai. Ambil contoh dari selembar t-shirt saja, bisa kita "sulap" menjadi rok, syal, seprai, tas, aneka tops yang lucu-lucuu.. dan lain-lain.

Sayapun tergerak mencoba. Saya menemukan tanktop ini di lemari, yang biarpun saya suka motif choco nautical-nya, ini udah ga mungkin banget saya pakai lagi sejak pakai jilbab, selain juga karena udah kekecilan :p
Selembar tanktop bekas yang merana
Balik, dan jahit mengikuti jahitan di bagian bawah
TARAAA..!
Choco nautical tote bag yang cute; bisa untuk arisan (ibu-ibu banget sayah :p), pergi kursus, tas mukena.. apa aja deh suka-suka! :D
Dan kalo saya sudah bosan sama tas choco nautical, bisa saya rombak lagi untuk dijadikan bandanan atau dalaman jilbab. Lucu juga kayanya daleman jilbab choco nautical :D

Iya kan, proyek menghijaukan lemari bakal jadi proyek seru banget!

Kalau kamu, apa yang ingin kamu hijaukan di rumahmu?



Update! Thank you yaa support-nya, alhamdulillah tulisan ini masuk finalis 20 besar dalam BeatBlog contest ini :D Laporan lengkapnya di sini

16 comments:

  1. wow, what a good idea. dan motif choco nauticalnya emang keren sekali, gak sabar melihatnya jd dalaman jilbab :D

    ReplyDelete
  2. wah bener yah, di lemari udah numpuk. campur2, semua pakaian yg masih di pakai / udah ngga pernah sama sekali dipakai.

    *keren tasnya , boleh di copas yah dsy
    makasih lho :D

    ReplyDelete
  3. nice idea mbak, kreatif bangett deh Mbak Daisy inii...

    itu tasnya cantiikk deh, bisa jadi new trend nih :D

    hmm klo saya apa yaaa?? kyknya mw loakin kertas2 gk jelas dalam meja :D

    ReplyDelete
  4. Ide cerdas kek gini lho yang bikin aku semangat untuk klik follow blognya mbak dessy...

    Kemaren sempet ngeluarin #milah-milah-kasih ke orang# isi lemari cuma bukan buat go green, tapi buat beli baru...hihi :parah

    ReplyDelete
  5. love your blog so much*))

    your outfit so cute.))*

    ReplyDelete
  6. @nop: iya, tp tunggu dl sampe bosen sama tasnya :p kan skrg lg ngetren y daleman jilbab bermotif :D

    @uci: senengnyaa ada temen *loh? :p

    @rihazati: no, I'm just a beginner in this.. orang lain banyak yg udah duluan melakukan ini loh ;)

    @diah: betul betull.. *sambil mandangin kertas2 di meja..

    @putri: hehe itu salah satu keuntungan lainnya kan.. jadi punya space buat baju baru :p

    @alavya & mary: thank you.. :) xoxo

    ReplyDelete
  7. Aku udh mayan sering menghijaukan lemari des hehehe tapi yg bahaya adalah kalo ngeliat lemari yg masi kosong gara2 abis di"hijaukan".. krn jadinya malah pengen buru2 ngisi lagi biar penuh, gawat deh haha

    Anyway, good luck with the contest, i hope you win. Apa hadiahnya?hohoho..

    Oiya, anyway I'm giving your blog an award for "The Versatile Blogger". Please go to my blog below if you want to receive the award :)
    http://twothousandthings.blogspot.com/2011/02/another-blog-award.html


    Thanks so much!
    YURI
    http://twothousandthings.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. kalau itu mah sering juga dilakukan...
    tapi ya itu dia.. kadang kadang perasaan "sayang" sama barang itu lho yang kagak bisa dihilangkan
    ihik ihik hik

    ReplyDelete
  9. @yuri: haha.. biar flow-nya lancar juga ya.. ada yg keluar lemari, ada yg masuk lagi :p
    thanks for the wish & award, segera meluncuur

    @r4r4: hehe gapapa juga sih disimpen kalo emang msh suka n msh pengen dipake, yg disingkirkan kan item2 yg udah ga kita sukai & ga kita pakai lagi..

    ReplyDelete
  10. Ide bagus :D kreatif ..
    Apa lagi buat yang suka desain pakaian

    kunjungan balik ya :)

    http://taniabonita.tk/2011/02/13/menjaga-lingkungan-darihal-yang-terkecil/#comment-65

    ReplyDelete
  11. Numpang tanya ya Mbak. Gimana sih khabar lomba beatblog itu? Kok nggak ada beritanya lagi? Apa dibatalkan? Soalnya saya sudah tidak sabar ingin menghapus logo beatblog itu dari permukaan blog saya. Mampir di blogku ya Mbak http://novenrique.blogspot.com/2011/04/menyiram-kucing.html

    ReplyDelete
  12. @hasim: loh kan udah ada pemenangnya, kebetulan posting saya ini masuk 20 besar jadi saya datang ke acara penyerahan hadiahnya.
    coba lihat di facebook VHR Media atau vhrmedia.com ya untuk lihat list lengkap pemenangnya.
    Saya belum sempat posting ttg acara penyerahan hadiah itu sih.

    ReplyDelete
  13. very nice posting mba.... sama nih, saya jg suka garage sale ama nyumbang pakaian bekas dengan tujuan = NYARI DANA *mahasiswa merana yang sok2 aktip di organisasi* :D
    so far hasilnya lumayan sangat untuk biaya operasional setiap event hehehe.....
    ditunggu ide2 menarik lainnya, have a good day :)

    ReplyDelete
  14. wow DIY nya keren banget :) kayanya memang harus nyortir barang - barang di lemari ya biar tau mana yang suka dipakai dan udah ga terpakai

    dan yang ga terpakai bisa dibikin jadi tas dari tanktop :)
    keren banget idenya :)

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails