Thursday, July 14, 2011

Amazing Cuisine bareng 4 Chef Handal

Setelah perkenalan USDA Council of Chefs di @america bulan April lalu, keempat chef kembali memamerkan kebolehan mereka di Four Seasons Hotel, Jumat 8 Juli. Para Council of Chefs (CoC) yang terdiri dari Chef Haryanto Makmoer (Baking), Chef Tatang (Hot kitchen), Chef Ucu Sawitri (Pastry) dan Chef Edwin Lau (Healthy cuisine) ini baru saja mengikuti program Train The Trainer di Meranti Magsaysay, Center for Hospitality & Culinary Arts, Jakarta. Mereka mendapat pelatihan dari Chef Michael J. Fleming, Direktur School of Baking Technology at CerealTech, Singapura.


4 chef pagi itu mendemonstrasikan keahlian mereka, dengan tetap memanfaatkan produk-produk Amerika seperti United States Potato Board (USPB), Washington Apple, Sunkist, Sunsweet, California Grapes, Bard Valley Medjool Fresh Dates dan Sun Maid Raisins. Banyak dari produk2 itu udah ga asing lagi ya, kaya misalnya Washington Apple, Sun Maid dan Sunkist. Di acara ini saya baru tau kalo Sunkist terbaik itu adanya di bulan Juli! Nah, beli deh Sunkist sekarang mumpung bulan Juli :D Yang bikin agak kaget sih kurma. Kok bisa kurma dari Amerika? Penasaran saya icip juga, enaakk tnyata!

Chef Ucu dan Chef Haryanto beraksi
Acara demo masak diawali dengan Chef Ucu dan Chef Haryanto dengan hidangan baking dan pastry. Chef Haryanto membuat Kue Pukis dengan aneka filling apel, kismis dan kurma. Sayangnya saya ga sempat memotret kue pukis Chef Haryanto, soalnya udah langsung aja gitu ludes dilahap para undangan.. laku ya Chef! :D Untung saya kebagian :D Yang baru matang dan masih hangat, yumm..!

Sedangkan Chef Ucu membuat Apple Banana Roll yang cantik dan lezat.

Apple Banana Roll ala Chef Ucu

Kedua chef membuat kue mereka dengan tambahan dehydrated potato. Produk ini berfungsi membuat kue lebih moist, lebih lembut. Karenanya meski simpel, pukis dan roll cake kedua chef ini enak banget. Chef Haryanto dan Chef Ucu juga memberikan tips dan ide bagaimana kue-kue sederhana ini bisa di-garnish dan dimodifikasi agar lebih cantik untuk dijual; semisal untuk dihidangkan di cafe. Simpel tapi bisa dijual, begitu kata Chef Haryanto.. ah chef tau aja :D

Kemudian giliran Chef Edwin Lau dan Chef Tatang.

Chef Edwin Lau
Steak Ala Indo-China oleh Chef Edwin; Daging has dalam panggang dengan onde-onde kentang, enoki goreng, dan saus kismis asin-manis
Chef Edwin - sesuai keahliannya sebagai chef healthy cuisine, banyak memberi tips-tips sehat. Misalnya, saat akan menggoreng enoki Chef Edwin mengingatkan agar minyak harus panas terlebih dulu sebelum memasukkan enoki, agar tidak terlalu banyak minyak yang masuk ke dalam makanan, sehingga makanan gorenganpun bisa tetap sehat. Juga jangan suka memakai minyak bekas, minyak memang mahal tapi kesehatan lebih mahal ya kan? Saya ga mencoba dagingnya karena dimasak medium well; masih agak pink-pink gitu hehe.. tapi saya mencicipi onde-onde kentangnya yang diisi dengan Sun Maid raisins.. enaaakk..!!

Chef Tatang
Pan seared scallops and beef wrap in beef bacon topped with nuts fruit provencale

Oya, di acara itu saya mendapat teman baru loh.. sesama blogger juga :D
Bareng Elies, dia ini food blogger.. deket-deket dia aah siapa tau saya ketularan pinter masak :D | Pic by Elies
USDA Council of Chefs merupakan program tahunan yang disponsori oleh Dinas Pertanian Luar Negeri (FAS) Departemen Pertanian AS (USDA), di Indonesia. FAS akan mengadakan kegiatan lanjutan bersama CoC dalam upaya mendorong perdagangan yang terus berlangsung antara perusahan-perusahaan Indonesia dan AS.

Masakan yang enak lahir dari bahan-bahan yang bermutu, tangan koki yang ahli, dan - seperti kata Chef Haryanto - hati yang tulus.

Selamat makaaan..! Ehm.. selamat masak juga..! :D

No comments:

Post a Comment

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails