Tuesday, March 20, 2012

Icip-icip Sotoji si Soto Jamur

Masih di kuartal awal 2012 cuaca masih dingin-dingin berangin, bawaannya kepingin makan yang anget-anget gurih. Berhubung keahlian memasak agak minim (aah ketauan >.<), jadi saya lari ke yang serba instan sajah.

Eits, tapi instan juga pilih-pilih. Harus memenuhi syarat nikmat dan gizi.

Beberapa waktu lalu sempet melihat seliweran tweet tentang mahluk bernama Sotoji, yang konon merupakan soto jamur instan. Apa pula itu? Ga pake nunggu, saya pun order sampelnya.
 
Penampakan Sotoji

Yuuk, langsung kita icip-icip!

Memasak Sotoji rupanya cukup seru, diisi dengan berbagai eksperimen yang membuat saya serasa koki asli.

Pada percobaan pertama, saya mengikuti anjuran cara memasak yang terdapat pada bagian belakang bungkusnya. Rupa-rupanya, bila jamur dan sohun dimasak bersama, terjadi ketimpangan dalam hal kecepatan kematangannya. Si sohun sudah melembut sementara jamur tiram masih alot. Pada percobaan berikutnya, saya memasak jamurnya terlebih dahulu baru kemudian disusul oleh sohun dalam rangka melembutkan si jamur. Hmm... mungkin Sotoji perlu juga nih mengubah petunjuk cara masaknya.

Selain sedikit perubahan cara masak, ada beberapa tips tambahan:
- Sotoji dimaksudkan sebagai lauk pendamping nasi. Jadi, memang paling pas kalau disantap bareng nasi. Kalau tidak, akan terasa terlalu asin. Jika malas pakai nasi, saya sarankan untuk tidak menggunakan seluruh bumbunya supaya ga terlalu asin. Pakai 3/4-nya saja.
- Ketika mencoba pertama kali saya merasakan rasa lekat di langit-langit mulut. Untuk menguranginya, pada percobaan kedua saya membuang air masak jamur dan sohun-nya, kemudian saya didihkan air lagi untuk dipakai sebagai kuahnya.

- Selipan khusus -
Resep Soto Jamur ala Sotoji (dan Koki Dessy :D)
Klik untuk perbesar

Saya cukup terkesan dengan terobosan soto jamur instan ini. Cukup berani, karena memakai jamur sebagai primadona. Tapi, yang unik pasti dikejar ya. Jadi, selama Sotoji mampu menjaga cita rasanya pasti banyak yang mencari dan jadi menjadi pecinta.

Butuh satu alasan untuk nyoba Sotoji? Saya punya lima!

1. Rasanya... soto banget! Kalau lagi pengen nyoto tapi males bikin atau beli soto ke warung soto, Sotoji si Soto Jamur ini bisa menggantikannya.

2. Sotoji bukan soto biasa, jamur tiram-nya bikin dia istimewa. Ya, saya suka jamur. Karenanya waktu itu saya langsung order tanpa ragu. Jamur tiram yang mengandung banyak khasiat ini jelas bikin Sotoji penganan instan yang menyehatkan.

3. Porsi pas mengenyangkan. Pernah memakan makanan instan yang cuma numpang lewat ga berasa kenyang? Ini tidak berlaku untuk Sotoji. Semangkuk Sotoji sebagai pendamping sepiring kecil nasi pas untuk makan malam tanpa ngemil-ngemil lagi.


4. Halal dan terdaftar. Ya, logo halal dan nomor Depkes sudah pasti jadi faktor penting untuk makanan. Kalo udah ada dua ini, amaan ga pake was was deh makannya.


5. Ada peluang bisnis untuk jadi reseller Sotoji. Ohoho, ini cukup menjanjikan looh, waktu pertama kali ngetweet tentang Sotoji juga muncul pertanyaan-pertanyaan "Di mana belinya? Mauu". Artinya, memang tingkat penasaran terhadap Sotoji ini cukup tinggi. Makanya saya bilang program reseller ini cukup berprospek cerah *Mulai diskusi sama hubby

Pingin nyoba sesoto apa Sotoji ini? Bisa langsung ke www.sotoji.com dan order dari sana. Sementara itu, saya mau segera menyantap si model yang dari tadi difoto-foto ini.


Selamat makaan! :9

14 comments:

  1. Eh, itu yang atas gambar advertorialnya keren banget! Siapa yang bikin? Serasa baca majalah kuliner. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg mana? yg mana? :D
      semua foto aku yg ambil, klo yg resep selipan khusus itu ambil template-nya dari smilebox

      Delete
  2. Hi,
    boleh minta email id-nya gak? saya mau ngajakin kerjasama. Email saya: rwlwijaya[at]yahoo.com
    thanks yaaa....

    ReplyDelete
  3. *ngiler baca postingan ini*
    meluncur ke web nya... makasih infonya sis ^^

    ReplyDelete
  4. Ni pake MSG ngga?berharap kaya mi barley yg baru juga itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya aku jg mo review mi barley itu tp blm jadi2.. klo di bungkusnya ga ada kata2 'no msg' sih
      Cuma klopun tertera demikian, kadang aku kurang percaya jg sama kata2 'no msg' di makanan instan, namanya penyedap kynya sll dipake deh klo di bumbu2 instan, dgn nama apapun :p

      Delete
  5. berkunjung nih, liat-liat juga ke beranda saya ya Soto ala Sotoji
    terimakasih :) cek ke tkp

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyuu kunjungannya... meluncuuur!

      Delete
  6. Nice review, lengkap banget ulasannya.

    Salam kenal, kapn2 main ke sini ya http://asdansbacktonature.blogspot.com/2012/03/makan-enak-nikmat-dan-smart-bersama.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasyih udah mampir.. bakal mampir balik ;)

      Delete
  7. mantap reviewnya... mantap sotojinya....

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails