Tuesday, June 29, 2010

The Short Second Life of Bree Tanner

Menyambung posting sebelumnya, kali ini sy masih mo ngomongin The Short Second Life of Bree Tanner.. panjang amat dey judulnya.. :p Sy singkat aja deh jadi TSSLo Bree Tanner.

Saya paling payah klo musti baca buku lewat laptop, capek sekali! Tapi akhirnya menamatkan Eclipse Novella ini dalam waktu 3 hari dengan pembagian sebagai berikut;
Hari ke-1: sampai hal.32
Hari ke-2: sampai hal.64.. jadi krn melelahkan, sy berencana membacanya pelan2 30 halaman perhari
Hari ke-3: sampai hal.178.. alias tamat!
Hahaha.. Apa boleh buat, seperti halnya Twilight Saga, awal2 terasa berat membacanya karena alurnya agak lambat, sedikit-sedikit, begitu lewat setengah buku pasti langsung digeber sampai tamat tanpa jeda karena mulai terasa seru!

Peringatan! Klo belum pernah baca Eclipse & TSSLo Bree Tanner dan ada niat membaca ke-2 buku ini, STOP DI SINI! Spoiler alert!

Seperti udah disinggung juga, TSSLo Bree Tanner ini berkisah tentang seorang (hmm.. bingung ni nyebutnya, seorang tapi bukan orang..) vampir wanita, vampir baru, tepatnya. Umurnya baru 3 bulan. Dia merupakan bagian dari pasukan Victoria yang direncanakan untuk membunuh Bella.
Semua tahu bagaimana akhir dari vampir muda ini, dia dibunuh oleh keluarga Volturi. Tak ada yang berubah dalam hal ini.. meskipun sy berharap ada twist, tapi sesuai judulnya, hidup Bree sebagai vampir memang singkat sekali.
Dalam buku ini pembaca diajak untuk memandang dunia dari sudut pandang vampir muda. Vampir muda yang tidak pernah berencana menjadi vampir, tiba2 saja diajak dan dijadikan vampir, tidak diberi pengetahuan yang cukup tentang dunia vampir.. dan seketika harus menjadi tumbal Victoria dalam ambisinya membalas dendam.
Bree bersama puluhan vampir baru lainnya dididik oleh vampir pria bernama Riley. Mereka dilatih untuk berburu di malam hari dan pulang sebelum matahari terbit. Para vampir muda ini bahkan masih percaya bahwa mereka akan hancur terbakar jika berada di bawah matahari! Kebayang kan betapa minimnya pengetahuan mereka soal diri mereka sendiri! Bisa dibilang, para vampir muda ini ibarat anak2 salah asuhan.

Sy mau tidak mau menitikkan air mata ketika sampai pada halaman 178, saat kematian Bree.
Pun tidak bisa menahan untuk bersimpati padanya, pada kisah cintanya dengan Diego - vampir baru lainnya - yang berakhir tragis dalam hitungan hari.. hikz hikzz.. T_T

Persis seperti yang ditulis Stephenie Meyer dalam kata pembukanya, Bree Tanner hanyalah setitik unsur saja dari keseluruhan cerita, hanya tokoh sampingan. Tapi setiap tokoh, seberapa kecilnya pun dia, memiliki kisah sendiri di belakangnya.. memiliki cerita utuh dalam keberadaannya..
Seperti juga kita, yang mungkin hanya seorang manusia dalam tak terhitung manusia di bumi, hanya tokoh tak penting dalam drama dunia, tapi kita memiliki hidup dan kisah kita sendiri.. Sekecil apapun peran kita dalam lakon jagad raya, kita adalah tokoh utama dalam prosa kehidupan kita..

Setelah membaca perjalanan hidup-vampirnya yang singkat itu, sy jadi menunggu2 kehadiran Bree Tanner di movie Eclipse..

 - Spoiler buku TSSLo Bree Tanner -
Ke http://www.breetanner.com untuk membaca
(avail sampai 5 Juli)
Klik pada gambar untuk perbesar







Update!
Buku ini sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama, bisa dicari di toko-toko buku yaa.. ;)

4 comments:

  1. betullll. membaca lewat laptop atau PC emang susah, capeeeekk..
    selamat dsy, atas keberhasilannya menamatkan buku itu. hee..

    ReplyDelete
  2. wah blm baca nih,,brrti gk bisa baca buku yang ini

    ReplyDelete
  3. @mrs right: inggris say.. tp ktnya Gramedia mo terbitin kok.. tunggu aja ;)

    @alavya: haha.. untung cuma 178 halaman! itu jg krn msh ada hubungannya sama Eclipse jd pengen baca sblm nonton :D

    @dwi: msh bisa baca kok msh ada 4 hr lagi ;)

    ReplyDelete

Your say..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails